Senin, 12 Mei 2014

Pernak-pernik menjelang Ramadhan dan Lebaran

Kurang lebih sebulan lagi bulan Ramadhan akan menghampiri umat muslim di seluruh dunia. Dan aroma bulan suci ini pun sudah mulai tercium di Kota Bandung. Tidak hanya beraneka ragam takjil, serta jajanan khas ramadhan saja yang diserbu warga, namun berbagai macam pernak-pernik menjelang Ramadhan dan lebaran pun sudah mulai dilirik oleh masyarakat. Ini tentunya membawa kabar baik bagi para pedagang karena keuntungannya pun akan bertambah berkali-kali lipat. Berikut ini adalah barang-barang yang sering dicari warga di bulan Ramadhan :



Barang-barang kecil beraromakan islami seperti al-qur'an, tasbih, buku-buku keagamaan, kopiah hingga mukenah bagi kaum muslimah tidak luput dijual oleh para pedagang. Barang-barang yang biasanya dijual dalam jenis universal, sekarang sudah mulai tergantikan dengan hal-hal yang berkaitan dengan islami sesuai dengan musimnya.
Selain pernak-pernik khas ramadhan, busana-busana bernuansa islami sudah mulai dijajakan oleh para pedagang, seperti busana gamis yang berwarna dasar putih ataupun berwarna-warni dengan beraneka ragam pilihannya. Tidak kalah ketinggalan, busana ala uje tetap menjadi tren pembeli saat ini. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, dari 50 ribu sampai ratusan ribu rupiah, tergantung model, jenis, ukuran, dan bentuknya. Busana muslim yang digunakan almarhum Uje ini, diakui menjadi salah satu lahan keuntungan bagi para pedagang.

Hal menarik lainnya yang sering diserbu warga masyarakat saat bulan Ramadhan adalah kue kering dan parsel ramadhan. Bisnis parsel sering juga diminati oleh banyak konsumen baik individu maupun instansi. Parsel yang banyak diminati ini biasanya berupa makanan ringan seperti aneka kue lebaran biskuit sirup dan lain-lain dengan harga yang bervariasi tergantung dari besar dan isi parsel. Parsel biasanya dihias sedemikian rupa supaya lebih terlihat cantik dan menarik. 

Isi parsel dikemas di dalam keranjang kemudian dibungkus dengan plastik bening supaya terlihat dari luar dan diberi pita atau hiasan lainnya. Tahun ini tidak hanya parsel makanan saja yang diminati, banyak parsel yang berisi barang pecah belah, pernak-pernik kerajinan tangan, bahkan parsel barang-barang elektronik pun sudah mulai banyak peminatnya. Isi parsel barang-barang elektronik bisa berupa juicer, blender, mixer dan barang-barang elektronik lainnya. Mungkin parsel eleltronik relatif lebih mahal tetapi sudah mulai banyak diminati oleh para konsumen. Ternyata banyak juga parsel yang bisa diisi dengan berbagai macam produk dan bisa terlihat unik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar