Hubungan Masyarakat
adalah proses strategi komunikasi untuk
membangun keuntungan mutu suatu hubungan antara organisasi dan public mereka .
Seorang Public
Relations harus mampu menjaga dan meningkatkan citra baik perusahaannya ,
apalagi ketika perusahaannya mengalami masalah atau penurunan sehingga membuat
citra perusahaan tersebut buruk . Contoh kasus seperti citibank . Kasus Citibank di Indonesia dalam sepekan dua
permasalahan membelit bank berbasis Amerika Serikat tersebut, yaitu
meninggalnya nasabah di kantor Citibank dan terungkapnya kejahatan pengalihan
rekening miliaran rupiah oleh karyawannya . Kasus tersebut menyebabkan Citibank
mendapat hukuman dari BI ( Bank Indonesia ) an tara lain :
-
Citibank tidak diperbolehkan menerima
nasabah baru selama dua tahun .
-
Citibank tidak diperbolehkan
mengeluarkan kartu kredit selama dua tahun .
Disinilah peran yang
diperlukan dari seorang PR . Ia harus mampu mengembalikan citra baik nama perusahaanya
dan mampu mengkomunikasikan dengan baik agar dapat mengembalikkan kepercayaan
para nasabahnya dengan cara :
-
Membuka investasi bagi para nasabah yang
sebelumnya berniat ingin menabungkan uangnya di Citibank .
-
Mengeluarkan kartu sejenis kartu kredit
namun fungsinya hampir sama dan tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi
.
Selain untuk
mengembalikan nama atau citra baik perusahaan , seorang PR juga harus mampu
mengkomunikasikan kepada khalayak tentang
kelebihan perusahaannya agar pesannya dapat diterima dan di pahami oleh
masyarakat luas , baik nasional maupun internasional .
Contohnya Negara
Singapura . PR Singapura mampu mengkomunikasikan serta memperkenalkan pada
masyarakatnya di dalam negeri maupun luar negeri tentang keindahan yang dimiliki
negaranya . Sehingga , banyak masyrakat dari luar Singapura yang
berbondong-bondong terbang ke Singapura hanya untuk menikmati fasilitas ,
tempat wisata , maupun pelayanan negara tersebut . Semua efek positif ini
merupakan salah satu kegiatan dari seorang Public Relations .
Berikut ini adalah contoh kegiatan Public relations :
Selain itu , berikut
ini merupakan alat bantu kegiatan Public Relations :
·
Media Relations
Melalui pengembangan media yang baik ,
kita dapat terhubung dengan jurnalistik yang dapat membantu kita
menyalurkan pesan yang ingin di
sampaikan kepada khalayak baik local maupun interlokal secara cepat dan mudah .
·
Advertorials
Dengan memasang iklan di surat kabar ,
dapat membantu seorang PR menyalurkan informasi atau pesannya kepada khalayak
yang dimuat dalam surat kabar . Hal ini telah banyak dilakukan dari zaman dulu
.
·
Social Media
Dengan adanya social media , pelanggan
dapat terus mengikuti perkembangan atau pembaruan suatu perusahaan hingga
berbagai macam kebutuhannya . Hal ini cukup berkembang di zaman sekarang dan
telah banyak diikuti atau digunakan oleh hampir seluruh masyarakat di belahan
dunia .
·
Newsletters
Menggunakan laporan berkala merupakan
jalan yang baik untuk mempromosikan bisnis , mengkomunikasikan dengan pelanggan
atau konsumen serta menjaganya agar selalu mengetahui informasi produk atau
pelayanan yang baru dan baik ,
·
Brochures and Catalogues
Brosur atau kalatog dapat membnatu
menjaga pemikiran pelanggan tentang bisnis , produk , maupun pelayanannya
dengan memberikan diskon pada produk baru , dan sebagainya .
·
Bussiness Events
Kegiatan bisnis dapat membantu orang pembisnis
untuk meningkatkan kepercayaan dan kesetiaanya kepada bisnis tersebut .
Kegiatan tersebut meliputi promosi produk baru , pelayanan , hingga membuat
mereka yakin keakuratan informasi yang diberikan kepada mereka .
·
Sponsorship or Partnership
Tidak semua perusahaan menggunakan sponsorship , tergantung produk
yang mereka keluarkan . Sponsorship berfungsi sebagai rekan kerja untuk
mendukung kegiatan bisnisnya agar memperoleh keuntungan serta menjalin reputasi
yang baik di dunia bisnis . Contoh sponsorship dapat berupa pembuatan spanduk ,
brosur , dan sebagainya ,
·
Employee Relations .
Hubungan dengan karyawan juga sangat penting . Karena
karyawan merupakan duta untuk bisnis kamu dan nerupakan cerminan dari
perusahaan tersebut . Sehingga karyawan ini dapat membantu menginformasikan
kepada khalayak tentang kelebihan dan kebaikan perusahaannya .
·
Community Relations
Membangun hubungan yang baik dengan
konsumen atau anggota melalui komunikasi dengan mengundang mereka untuk duduk
bersama saling berbagi dan bertukar pendapat dan memberikan doorprize sebagai
ucapan terima kasih . Dengan begitu , mereka akan memiliki kepercayaan dan
kesetiaan yang baik kepada perusahaan tersebut .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar