Selasa, 04 Juni 2013

Kegiatan Humas Masa Kini



Hubungan Masyarakat adalah  proses strategi komunikasi untuk membangun keuntungan mutu suatu hubungan antara organisasi dan public mereka .
Seorang Public Relations harus mampu menjaga dan meningkatkan citra baik perusahaannya , apalagi ketika perusahaannya mengalami masalah atau penurunan sehingga membuat citra perusahaan tersebut buruk . Contoh kasus seperti citibank . Kasus Citibank di Indonesia dalam sepekan dua permasalahan membelit bank berbasis Amerika Serikat tersebut, yaitu meninggalnya nasabah di kantor Citibank dan terungkapnya kejahatan pengalihan rekening miliaran rupiah oleh karyawannya . Kasus tersebut menyebabkan Citibank mendapat hukuman dari BI ( Bank Indonesia ) an tara lain :
-          Citibank tidak diperbolehkan menerima nasabah baru selama dua tahun .
-          Citibank tidak diperbolehkan mengeluarkan kartu kredit selama dua tahun .


Disinilah peran yang diperlukan dari seorang PR . Ia harus mampu mengembalikan citra baik nama perusahaanya dan mampu mengkomunikasikan dengan baik agar dapat mengembalikkan kepercayaan para nasabahnya dengan cara :
-          Membuka investasi bagi para nasabah yang sebelumnya berniat ingin menabungkan uangnya di Citibank .
-          Mengeluarkan kartu sejenis kartu kredit namun fungsinya hampir sama dan tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi .

Selain untuk mengembalikan nama atau citra baik perusahaan , seorang PR juga harus mampu mengkomunikasikan kepada khalayak tentang  kelebihan perusahaannya agar pesannya dapat diterima dan di pahami oleh masyarakat luas , baik nasional maupun internasional .
Contohnya Negara Singapura . PR Singapura mampu mengkomunikasikan serta memperkenalkan pada masyarakatnya di dalam negeri maupun luar negeri tentang keindahan yang dimiliki negaranya . Sehingga , banyak masyrakat dari luar Singapura yang berbondong-bondong terbang ke Singapura hanya untuk menikmati fasilitas , tempat wisata , maupun pelayanan negara tersebut . Semua efek positif ini merupakan salah satu kegiatan dari seorang Public Relations .
            Berikut ini adalah contoh kegiatan Public relations :
Selain itu , berikut ini merupakan alat bantu  kegiatan Public Relations :
·         Media Relations
Melalui pengembangan media yang baik , kita dapat terhubung dengan jurnalistik yang dapat membantu kita menyalurkan  pesan yang ingin di sampaikan kepada khalayak baik local maupun  interlokal secara cepat dan mudah .
·         Advertorials
Dengan memasang iklan di surat kabar , dapat membantu seorang PR menyalurkan informasi atau pesannya kepada khalayak yang dimuat dalam surat kabar . Hal ini telah banyak dilakukan dari zaman dulu .
·         Social Media
Dengan adanya social media , pelanggan dapat terus mengikuti perkembangan atau pembaruan suatu perusahaan hingga berbagai macam kebutuhannya . Hal ini cukup berkembang di zaman sekarang dan telah banyak diikuti atau digunakan oleh hampir seluruh masyarakat di belahan dunia .
·         Newsletters
Menggunakan laporan berkala merupakan jalan yang baik untuk mempromosikan bisnis , mengkomunikasikan dengan pelanggan atau konsumen serta menjaganya agar selalu mengetahui informasi produk atau pelayanan yang baru dan baik ,
·         Brochures and Catalogues
Brosur atau kalatog dapat membnatu menjaga pemikiran pelanggan tentang bisnis , produk , maupun pelayanannya dengan memberikan diskon pada produk baru , dan sebagainya .
·         Bussiness Events
Kegiatan bisnis dapat membantu orang pembisnis untuk meningkatkan kepercayaan dan kesetiaanya kepada bisnis tersebut . Kegiatan tersebut meliputi promosi produk baru , pelayanan , hingga membuat mereka yakin keakuratan informasi yang diberikan kepada mereka .
·         Sponsorship or Partnership
Tidak semua perusahaan  menggunakan sponsorship , tergantung produk yang mereka keluarkan . Sponsorship berfungsi sebagai rekan kerja untuk mendukung kegiatan bisnisnya agar memperoleh keuntungan serta menjalin reputasi yang baik di dunia bisnis . Contoh sponsorship dapat berupa pembuatan spanduk , brosur , dan sebagainya ,
·         Employee Relations .
Hubungan dengan  karyawan juga sangat penting . Karena karyawan merupakan duta untuk bisnis kamu dan nerupakan cerminan dari perusahaan tersebut . Sehingga karyawan ini dapat membantu menginformasikan kepada khalayak tentang kelebihan dan kebaikan perusahaannya .
·         Community Relations
Membangun hubungan yang baik dengan konsumen atau anggota melalui komunikasi dengan mengundang mereka untuk duduk bersama saling berbagi dan bertukar pendapat dan memberikan doorprize sebagai ucapan terima kasih . Dengan begitu , mereka akan memiliki kepercayaan dan kesetiaan yang baik kepada perusahaan tersebut .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar