Senin, 12 Mei 2014

Takjil Ramadhan Khas Kota Bandung

Banyak sekali daerah-daerah di Nusantara yang memiliki menu masakan khas bulan Ramadhan begitu juga dengan Kota Bandung. Bandung yang terkenal dengan wisata kuliner tidak henti-hentinya berkreasi seputar kuliner penggoyang lidah termasuk takjil yang merupakan makanan pembuka puasa di bulan Ramadhan.
Berikut ini beberapa menu takjil Ramadhan khas Bandung selain kolak dan kurma :



1. SURABI
Makanan sejenis pancake mini ala Bandung ini cocok dinikmati saat takjil. Surabi terdiri atas dua jenis yaitu manis (dengan siraman saus gula merah) dan asin (dengan toping oncom). Jika khawatir perut anda belum siap menerima makanan pedas tentunya surabi dengan rasa manislah yang disarankan. Belakangan bermunculan juga surabi dengan aneka toping dan saus yang modern seperti keju, stroberi, dan lain-lain. Untuk urusan kesehatan Anda tidak perlu khawatir makanan yang dipanggang di atas tungku ini terbuat dari tepung beras yang kaya akan karbohidrat, vitamin, dan mineral. Anda pun akan semakin bertenaga dalam menjalankan ibadah shalat tarawih setelah melahapnya.

2. COLENAK
Nama unik makanan ini merupakan singkatan dari kata ‘dicocol enak’. Sesuai dengan namanya colenak dicocol dengan saus nikmat yang terbuat dari gula merah dan parutan kelapa. Peuyeum (tape singkong) bakar adalah bahan dasar panganan satu ini. Selain penuh dengan kandungan kabrohidrat peuyeum pun mengandung vitamin A yang baik untuk kulit juga antioksidan. Pas rasanya jika dikonsumsi saat berbuka puasa.




3. BROWNIES KUKUS 

Brownies kukus yang sudah menjadi trademark tersendiri bagi Kota Bandung. Jika umumnya brownies itu di panggang namun yang satu ini browniesnya di kukus. Cokelat yang menjadi bahan dasar brownies akan memberikan energi lebih untuk membuat Anda terus semangat dalam beribadah.





                                     4. ES GOYOBOD


Es Goyobod adalah minuman dingin andalan warga Bandung. Tidak heran jika banyak masyarakat menjadikannya menu takjil favorit. Es goyobod ini hampir sama dengan es campur. Perbedaan yang paling mencolok pada es goyobod adalah dengan ditambahkannya hunkue yang dipotong-potong. Es Goyobod ini sangat cocok untuk menu berbuka puasa karena rasa dari es goyobod yang manis, menyegarkan, kaya akan protein dari susu dan vitamin dari buah-buahan.







5. ES CENDOL

Sama seperti es goyobod diatas, es cendol pun merupakan minuman dingin khas Bandung. Minuman ini terbuat dari tepung beras yang dicampur suji. Santan yang dicampur dengan gula merah cair membuat cendol terasa lebih nikmat dan segar. Terkadang penjual menambahkan irisan nangka atau apukat yang makin memperkaya rasa es cendol. Kalau di restoran penyajiannya bisa lebih atraktif dan variatif lagi loh.





Nah itulah menu takjil Ramadhan khas Bandung yang suatu saat boleh Anda coba. Jangan lupa takjil bukan hanya sekedar menyegarkan berbuka puasa/ namun juga harus enak dan menyehatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar