Senin, 12 Mei 2014

Tips Mengatasi Maag Saat Berpuasa

Puasa ramadhan tinggal sebentar lagi datangnya bulan suci ramadan tentu disambut sukacita umat muslim. Tapi di balik itu khusus bagi penderita maag datangnya ramadan melahirkan rasa was-was. Maklum di saat konsentrasi menjalani ibadah puasa tiba-tiba muncul persoalan dari lambung. Dan akhirnya ibadah puasa pun terganggu.
Nah, agar ibadah puasa tidak terganggu karena masalah sakit maag berikut ini ada cara dan tips mengatasi penyakit maag saat berpuasa ramadhan yang harus dilakukan agar sakit maag anda tidak kambuh diantaranya :



Yang pertama berbukalah tepat pada waktunya jangan diundur-undur. Saat berbuka mulailah dengan makanan yang manis secukupnya ini penting untuk menormalkan kadar gula dalam tubuh. Namun walaupun saat berbuka telah tiba jangan langsung menyantap makanan ‘besar’ seperti nasi dan lauk pauknya. Sebaiknya makan besar dilakukan kira-kira satu jam setelah berbuka agar kadar gula darah dan cairan tubuh kembali ke posisi semula.

Yang Kedua perbanyak konsumsi makanan mengandung serat saat sahur dan gizi yang seimbang sehingga pengosongan lambung berjalan lebih lambat. Selain itu hindari makanan pedas dan asam makanan instan minuman berkafein seperti kopi cokelat dan soft drink serta hindari merokok karena akan meningkatkan produksi asam lambung.

Dan yang terakhir jangan langsung tidur setelah sahur untuk menghindari rasa mual. Bila maag sudah sangat berat bisa diantipasi dengan minum obat maag saat sahur dan berbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar