Senin, 09 Desember 2013

Ketika Christiano Ronaldo dan Lionel Messi absen, Gareth Bale dan Neymar jadi tumpuan baru Real Madrid dan Barcelona, siap yang paling berpengaruh ?

Siapa yang terbaik antara Christiano Ronaldo dan Lionel Messi ? Tidak ada jawaban pasti dari pertanyaan ini. Tidak perlu berbisik pada fans Real Madrid atau Barcelona, debat mengulur panjang tetap saja terjadi kubu netral.

Pertanyaan di atas masih bergulir dan sekarang berkat kekuatan dahsyat finansial dua raksasa sepak bola Spanyol, pertanyaan sama dengan objek baru naik ke permukaan. Kali ini giliran Gareth Bale dan Neymar.

Pada bursa transfer musim panas lalu, Gareth Bale didatangkan dari Tottenham Hotspur yang memecahkan rekor transfer dunia sementara du kubu berseberangan setelah berlarutnya proses negosiasi akhirnya Neymar jatuh ke pelukan Barcelona.

Bale langsung mencetak gol pada laga debutnya berkostum Los Merengues namun banyak pihak menilai tidak ada yang istimewa dari aksi ini, gol Bale di anggap tak bernyawa. Parahnya, Bale kemudian diganggu cedera hingga absen di tiga laga dari enam pertandingan Madrid selanjutnya dan saat beraksi pun pada periode ini bintang Wales gagal menciptakan gol.





Adaptasi dengan sepakbola Spanyol jadi biang kerok dan setidaknya hingga awal Desember analisis ini terbukti karena dari akhir Oktober kegemilangan Bale mulai benderang. Pemain Wales ini sekarang tercatat mencetak sembilan gol (dua di Liga Champions) plus tujuh assist hingga laga terakhir melawan Real Valladolid.

Catatan lain yang membuat fans Madrid tersenyum adalah keberhasilan Bale memimpin timi ketika Christiano Ronaldo abesn. Ini penting karena faktor ini seakan mengesahkan keputusan Real Madrid menggelontarkan dana raksasa untuk mendatangkan ke Bernabeu jauh dari keliru, Los Blancos tetap perkasa meski superstar Portugal absen.


Di kubu lain Barcelona mulai merasakan dampak 'menghilangnya' mega bintang Lionel Messi. Meski masih menguasai klasemen La Liga, atmosfer di atas tribun Camp Nou ini tidak secerah di Santiago Bernabeu.


Messi absen, El Barca tenggelam di dua laga terakhir, satu melawan Ajax Amsterdam lainnya Athletic Bilabao.

Tanpa El Messiah, Azulgrana kesulitan menembus benteng lawan. faktanya gol semata wayang yang bisa mereka hasilkan pada dua pertandingan tersebut lahir melalui titik putih.

Bicara soal harga, Neymar memang kalah dari Bale, tetapi tidak juga bisa dikatakan murah. Performa Neymar di awal musim begitu gemilang. Duet Neymar-Messi pada awalnya sempat diragukan tetapi mereka langsung menjawabnya dengan menciptakan duet istimewa yang mengundang decak kagum.

Sejauh ini Neymar telah mengumpulkan lima gol dari 19 penampilan. Catatan ini juga masih ditambah sembilan assist. Kontribusi seperti ini jelas tidak bisa dianggap remeh. Sayangnya, kegagalan menutup lubang yang ditinggalkan Messi yang berbuntut dua kekalahan beruntun Barca mencoreng petualangan sang bintang muda Brasil di Spanyol.


Berbicara dampak terhadap tim ketika pemain utama absen. Gareth Bale lebih unggul ? 

Bagaimana menurut Anda ?

Sumber : www.goal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar